Tips Meningkatkan Produktivitas para Desainer Grafis
Produktifitas dan menagement waktu
adalah hal penting dalampekerjaan kita.
Cara meningkatkan produktifitas kerja para desainer kini semakin dicari. Hari
ini AhliDesain dengan senang hati membagi beberapa tips tentang bagaimana
meningkatkan produktifitas kerja yang sering kali dipakai dan dijalankan oleh
para master pekerja desain, dan bahkan terkadang secara tidak disadari pernah
kita lakukan. Begitu pula Anda akan menemukan beberapa tips yang mungkin sama
dengan tips produktifitas kerja dari para desainer atau para motivator.
Sebagian besar dari tips desain yang ada dalam daftar tips
meningkatkan produktifitas kerja ini dapat dipakai dan dilakukan oleh setiap jenis
orang yang kreatif. Kami berharap Anda dapat menemukan serangkaian tips ini
berguna dan dapat membantu Anda untuk mempersingkat waktu dan tentu saja untuk
dapat melakukan lebih banyak lagi. Dan juga kami ingin mengetahui teknik apa yang Anda gunakan dalam
produktifitas kerja. Rolong, bagikanlah kepada kami pengalaman Anda melalui
komentar yang ada dibawah.
1. Perencanaan
Perencanaan adalah hal terbaik untuk menyimpan waktu dan
menjadi lebih produktif.
Anda mempunyai banyak hal yang ingin Anda lakukan, bukan? Mulailah secepat
mungkin, sekarang untuk berpikir bahwa dengan cara ini Anda akan dapat
mengerjakan apapun dengan lebih cepat dan lebih baik. Salah! Anda harus
meluangkan lebih banyak lagi waktu Anda untuk merencanalan apa yang paling
penting untuk dilakukan, apa yang kurang perlu dan kemudian tentukan mana pekerjaan yang
tidak dapat ditunda. Secara personal saya menggunakan perencanaan dan sketsa sebelum
membuat setiap tutorial yang
ada diAhliDesain. Pertama, saya membuat sketsa sederhana
dengan pena ata pensil di notebook kesayangan saya, kemudian sedikit demi
sedikit menambahkan detail, setelah itu mengoreksi dan aha! Banyak waktu
terbuang dalam mendesain dan bereksperiman hanya untuk komposisi dan detail
visual terselamatkan.
2. Gunakan daftar To-Do
To-Do list membantu untuk tetap terorganisir dan fokus hanya
pada hal-hal penting. Juga merupakan alat untuk mengingat hal-hal yang biasanya
Anda lupa untuk melakukannya. Saya sedang berbicara tentang tugas-tugas kecil
seperti panggilan telepon, email balasan dll Anda dapat menggunakan real-post
it notes atau yang virtual (contoh : hottnotes).
3. Singkirkan gangguan
Kadang-kadang sangat sulit untuk memulai pekerjaan Anda
karena banyak gangguan yang menyita waktu dan perhatian. Jika Anda benar-benar
ingin menjadi produktif dan fokus pada
saatnya bekerjam, matikan Skype, yM, TweetDeck (atau aplikasi lain yang Anda
gunakan untuk Twitter). Juga email dan facebook yang memeriksa update setiap 5
menit adalah musuh produktivitas terbesar Anda. Gangguan bisa saga berupa TV,
radio, hewan peliharaan atau bahkan keluarga. Jadi cari tempat di mana Anda
nyaman dan dapat menjadi produktif sebaik mungkin dan mulailah bekerja.
4. Buatlah diri Anda disiplin
Buatlah bentuk disiplin yang realistis dan apa yang lebih
penting, berusahalan untuk bekerja pada hal yang seperti itu. Misalnya mengatur
waktu untuk memeriksa Facebook, Twitter dan
account email. Tetapkan batas waktu untuk membaca blog, berita atau hal-hal
lain yang Anda sukai.
5. Jangan bekerja terlalu banyak
Ya itu terdengar EDAN! tetapi bekerja dengan lebih sedikit
waktu, Anda akan lebih produktif dan kualitas pekerjaan Anda akan dalam kondisi
prima. Jangan mencoba untuk bekerja 12-18 jam / hari karena pada akhirnya Anda
akan lebih lambat, pikiran Anda akan suatu tempat di luar pekerjaan dan apa
yang paling penting dari kualitas pekerjaan akan lebih rendah. Penelitian
membutikan bahwa bekerja dibawah 6 jam dalam satu hari akan membuat seseorang
menjadi lebih bahagia, lebih produktif dan sehat. Memang tidak setiap orang
bisa melakukannya, namun dengan usaha kita dapat melakukannya, minimal
mengurangi TANGGUNGAN pekerjaan.
6. Bekerjalah di waktu yang pendek
Saya telah membaca saya banyak (buuuuuuuuanyak) artikel
tentang produktivitas danmanajemen waktu. Saya benar-benar menyukai teknik Pomodoro atau hanya teknik 25 menit kerja. Buatlah jangka
waktu 25 menit, 30 menit atau 40 menit dan bekerja, hanya fokus pada pekerjaan,
ya itu sulit, tapi kemudian Anda akan memiliki istirahat cukup, minum secangkir
air atau bernafas segar udara luar, bukankah itu memotivasi?
7. Selalu fokus pada tugas tunggal
(Serial)
Jika Anda membuat kartu nama, jadi desainlah kartu nama saja,
tetapi jangan mencoba untuk menulis posting blog atau membuat logo pada waktu yang sama. Alasan yang masuk akal adalah
pertama, Anda akan mengerjakannya dengan kualitas yang rendah, kedua Anda akan
kehilangan perhatian dan ketiga – Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu
melakukan tugas-tugas pararel, karena Anda menghabiskan beberapa detik beralih
dari Photoshop ke editor teks atau dashboard
blog pada browser Anda dll
8. Pikirkan tentang tujuan Anda
Sebelum
memulai pekerjaan berpikirlah tentang tujuan Anda yang paling menggairahkan dan
memotivasi Anda, misalnya anda ingin pergi ke Bali untuk liburan Anda
berikutnya sehingga Anda berpikir tentang matahari, tiupan angin ditamani segelas ice juice, deburan ombak, pijatan
relaksasi dan mungkin Anda akan memasukkan suasana hati Anda ke dalam ruang
lingkup kerja dan pada ujungnya Anda akan lebih produktif.
9. Mendengarkan musik
Mendengarkan
musik pada saat bekerja tidak untuk semua orang. Hal ini mungkin berlaku jika
Anda adalah orang yang suka mendengarkan musik sambil membaca. Yang paling
penting adalah bahwa Anda harus memilih sebuah genre yang tidak mengalihkan
perhatian Anda dan tidak mengambil perhatian Anda terhadap karya desain Anda.
Musik akan membantu Anda untuk menjadi lebih produktif atau kreatif (musik yang
membangkitkan gairah dan motivasi). Secara pribadi saya mendengarkan musik
dangdut (aye!) dengan volume rendah. Bangun di pagi hari bolehlah putar musik
dangdut koplo dengan hentakan keras dan nge-beat, tapi kalau sudah waktu
bekerja saya memilih dangdut slow.
10. Tetap Terorganisir
Anda
adalah perancang, pengembang, ilustrator apapun,
Anda menggunakan sumber daya (resources). Tekstur, pattern, font, ikon, vektor, gambar foto semua hal yang ada di
harddisk Anda. Setiap kali Anda mencoba untuk menemukan di mana mereka berada
dan Anda akan menghabiskan banyak waktu. Buat beberapa folder, misalnya Design,
Kode,Grafis dan menempatkan semua file ke folder
tersebut. Jangan terlalu diatur, jangan membuat folder terlalu banyak karena
itu tidak cerdas dan Anda akan menghabiskan detik membuka dan menutup folder
tersebut, detik menjadi hitungan menit dan bahkan jam dalam jangka panjang,
misalnya Anda memiliki sepuluh folder yang tidak perlu, Anda menghabiskan 0,5
detik untuk membukanya dan 0,5 untuk menutupnya.
Jika
Anda menggunakan mereka setiap hari: 10 folder x 0,5 detik x 2 x365 = ~ 1 jam /
tahun hanya untuk membuka folder! Pikirkan tentang hal ini. Jika perlu buatlah
shortcut pada destop Anda namun sekali lagi jangan terlalu banyak karena dapat
membuat karya wallpaper kesayangan Anda tertutupi, bila memungkinkan gunakan
shortcut keyboard global untuk masuk ke dalam folder tersebut, sudah banyak software yang mengcover masalah ini.
11. Gunakan Template
Jangan
mencoba untuk menciptakan apapun setiap saat. Jika Anda adalah seorang web
desainer membuat template psd kosong dalam resolusi yang sama, tambahkan pedoman,
grid, membuat kelompok dan menyimpannya dalam format PSD untuk proyek-proyek
masa depan. Pikirkan tentang berapa banyak waktu Anda habiskan setiap kali
melakukan tugas-tugas tersebut. Begitu pula Anda desainer grafis,
menggunakan template bukanlah sesuatu yang hina
atau merendahkan kualitas desain Anda. Minimal template yang seharusnya menghasilkan
sesuatu kesan berbeda harus bisa ditangani dengan baik, tidak semua template karakter untuk setiap produk
pada proyek berbeda bukan? Mereka mempunyai kesan dan image mereka masing-masing
No comments:
Post a Comment